Plugin, Wordpress

9 Plugin WordPress Wajib yang Harus Anda Install

Wordpress Plugin Terbaik Wajib Install

Salah satu kelebihan blog WordPress (self hosted) adalah adanya plugin. Dan perlu Anda tahu, ada beberapa plugin wordpress yang menurut saya sebaiknya Anda pasang untuk memaksimalkan performa blog Anda. Walaupun tidak harus persis semuanya, tapi paling tidak Anda punya gambaran untuk install wordpress plugin keren di bawah ini saat ingin memulai ngeblog dari wordpress.

Saya hanya akan tulis plugin-plugin yang memang sering saya gunakan di beberapa blog yang pernah saya buat. Sebenarnya penggunaan plugin pada blog wordpress yang terlalu banyak juga harusnya Anda hindari. Karna apa? Yang ada nanti malah blog Anda jadi berat saat diakses, karna terlalu banyak memuat script-script plugin tersebut. Jadi, Anda harus bijak tentukan plugin mana yang memang Anda butuhkan untuk keperluan blog Anda sendiri.

Ini Dia Sembilan Plugin WordPress Wajib untuk Blog Saya (dan Anda)

1. Akismet by Automatic

Posisi pertama yang paling sering saya install di wordpress blog saya adalah Akismet. Plugin ini secara garis besar fungsinya adalah untuk mengamankan kolom komentar Anda dari serangan para spammer. Peran akismet sangat saya rasakan manfaatnya karna kalau tanpa plugin ini pastilah blog saya sudah banyak dipenuhi dengan komentar-komentar gak jelas yang isinya spam nomor togel, promosi blog, dan hal aneh lainnya.

Saya sempat cek statistik dari Akismet yang saya pasang di blog Chaidir.Web.ID sudah ada sekitar 29.895 komentar spam yang terblokir dengan tingkat akurasi 99,7%. Artinya hanya ada paling 0,3% dari total komentar terblokir yang ternyata bukan komentar spam dan harus saya loloskan secara manual.

Ini sudah pasti sangat wajib Anda install! Untuk info lengkapnya lihat di halaman Plugin Akismet ini.

 Plugin WordPress Wajib - Akismet

2. Jetpack by WordPress.Com

Plugin kedua favorit saya adalah Jetpack. Plugin ini merupakan adopsi dari fitur-fitur yang ada di WordPress.Com, jadi memang saat Anda buat blog pakai WordPress.Org ada beberapa fitur yang tidak Anda dapatkan kecuali dengan pasang plugin jetpack. Seperti yang paling utama adalah fitur Statistik Blog. Dengan bantuan plugin ini Anda bahkan tidak perlu repot-repot lagi pakai Google Analytics untuk sekedar memonitor perkembangan trafik blog Anda.

Selain itu ada banyak lagi fitur yang bisa Anda dapat dari plugin Jetpack, dan masing-masingnya bisa di-enable atau disable. Saya sarankan untuk nonaktifkan saja fitur-fitur yang tidak begitu penting. Karna kembali lagi ke poin awal yang sudah saya sampaikan. Semakin banyak fitur plugin yang Anda pakai malah bisa buat blog Anda lemot.

Beberapa fitur yang penting diantaranya :

  • Site Stats, ini fungsi plugin untuk mengetahui jumlah pengunjung.
  • Protect, untuk melindungi blog Anda dari bruto force dan bahaya hack lainnya.
  • Monitor, ketika blog Anda mengalami downtime maka Anda akan dapat email.
  • Single Sign On, ketika ada login dari lokasi asing biasanya akan diminta verifikasi keamanan.
  • Photon, supaya gambar Anda bisa di-load lebih cepat dengan server cloud wordpress.
  • Custom CSS, kalau Anda mau ubah tampilan theme blog wordpress bisa lebih mudah.
  • Shortcode Embeds, untuk menambahkan media youtube, soundcloud dan lainnya.
  • Contact Form, biar pengunjung bisa kirim Anda pesan pribadi.

Oh yaa, sebelumnya Anda juga harus punya akun WordPress.Com untuk bisa pakai layanan dari Jetpack. Karna memang saat plugin diaktifkan dia akan minta kita untuk melakukan connect terlebih dahulu. Hampir semua blog yang pernah saya buat pasti pakai Jetpack dan semuanya terhubung dalam satu akun wordpress.

Anda bisa cari informasi lengkapnya dari halaman Jetpack Plugin ini.

3. Yoast WordPress SEO by Team Yoast

Plugin ini juga sangat bermanfaat untuk memudahkan saya dalam hal melakukan optimasi blog wordpress. Jadi sudah tidak asing lagi memang setiap blogger pasti tahu, hal penting bagi sebuah blog adalah adanya trafik. Dan trafik yang paling menguntungkan baiknya yang datang dari mesin pencari. Bukan dari teman-teman yang harus kita paksa dulu baru mau buka blog kita. Tapi gak gitu juga, Anda pasti tahu lebih banyak dibanding saya perihal cara untuk datangin trafik ini. :D

Nah, untuk bisa hasilkan trafik yang bagus Anda harus terbiasa membuat blog Anda agar lebih SEO Friendly. Utamanya adalah dari segi Onpage SEO-nya sendiri. Dengan bantuan plugin Yoast SEO Anda bisa lakukan banyak hal untuk lebih meningkatkan kualitas optimasi blog Anda. Saya dulu pernah pakai plugin All In One SEO Pack juga, pada akhirnya saya tetap pilih plugin yoast sebagai plugin seo wordpress terbaik.

Tapi tetap perlu Anda ketahui juga, bukan berarti dengan pasang plugin ini seketika blog Anda sudah langsung bagus SEO-nya. Anda harus punya pengetahuan yang cukup baik dari penggunaan plugin ini ataupun dari teknik SEO sendiri. Untuk ketahui lebih banyak silahkan baca di halaman Yoast WordPress SEO Plugin ini.

4. Google XML Sitemap by Arne Brachhold

Berikutnya, plugin yang juga penting untuk hal optimasi SEO adalah Google XML Sitemap. Fungsinya untuk membuat sitemap.xml secara otomatis yang bisa digunakan untuk submit ke layanan seperti Google Webmaster Tools, Bing dan lainnya. Jadi setiap Anda ada posting artikel terbaru akan lebih mudah bagi mesin pencari untuk melakukan proses index halaman.

Sebenarnya sih, dari plugin Yoast SEO juga Anda bisa dapatkan fitur ini. Tapi untuk beberapa kasus terkadang saya tetap pakai Google XML Sitemap. Dan beberapa blog wordpress ada yang tidak saya pasang plugin ini. Anda mungkin bisa coba bandingkan sendiri yang mana yang lebih cocok dengan selera Anda. Hehehe.. 😀

Info lengkap silahkan cari di halaman Plugin WordPress Google Sitemap.

Plugin WordPress Wajib - W3 Total Cache

5. W3 Total Cache by Frederick Townes

Dengan plugin W3 Total Cache Anda bisa meningkatkan performa kecepatan akses blog WordPress Anda. Karna prinsip kerjanya ketika pengunjung buka blog Anda dari browsernya, maka data-data yang pernah ia kunjungi akan tersimpan di cache sehingga untuk kunjungan di halaman berikutnya bisa lebih ringan. Dengan penggunaan fitur cache pengunjung langganan tentu Anda akan lebih nyaman saat mau mampir lagi esok hari.

Anda bisa lakukan banyak pengaturan dari plugin W3 Total Cache. Dan saya sendiri belum eksplor semua fiturnya. Karna ada juga beberapa fitur yang harus pakai integrasi dengan akun berbayar. Kalau blog Anda mau lebih wuuzz bisa silahkan dicoba sendiri, lihat halaman Plugin W3 Total Cache disini.

6. Lockdown WP Admin by Sean Fisher

Plugin ini bisa dipakai sebagai security juga. Jadi prinsip kerjanya adalah untuk menyembunyikan halaman yang biasa Anda pakai untuk login ke Dashboard WP Admin blog WordPress Anda. Jadi dengan begini upaya jahat dari orang lain yang ingin membobol akses login blog Anda bisa lebih terhindari. Karna hanya Anda yang tahu akses halaman dashboard Admin blog Anda.

Kita semua tahu, setiap pengguna wordpress sudah pasti alamat login normalnya seperti ini http://www.chaidir.web.id/wp-admin, iya kan? Anda bisa ubah dengan plugin Lockdown WP Admin, baca info lengkapnya disini.

8. Linker by Yakir Sitbon, Github

Plugin Linker ini hanya saya pasang di blog wordpress personal saya saja. Kegunaannya untuk apa? Jadi dengan plugin linker ini Anda bisa buat link eksternal dengan alamat domain Anda sendiri. Dampaknya supaya pengunjung bisa lebih percaya dengan link yang kita tawarkan dalam artikel yang sifatnya persuasif.

Khususnya untuk yang main affiliate bisa coba pakai plugin ini. Anda pasti tahu sendiri kan, kebanyakan pengunjung di Indonesia agak asing dan malas untuk klik link yang berbau komersiil. Pengennya tetap untung sendiri dan gak mau nguntungi orang lain. Eh, ini bahas apaan?

Oke, yang jelas Anda bisa coba sendiri plugin linker dari halaman ini.

Plugin WordPress Wajib - SumoMe

7. SumoMe - Build Email Subscription

Plugin ini bagus Anda pakai untuk membangun list email dari setiap pengunjung di blog WordPress Anda. Meski bisa dibilang gak begitu wajib untuk Anda install. Saya sendiri sih tetap suka dengan plugin ini. Meski memang prinsipnya adalah menampilkan pop-up yang menawarkan subscribe pada pengunjung. Dan kita tahu beberapa pengunjung kurang suka dengan adanya pop-up.

Tapi kelebihan dari plugin ini adalah dari behaviour pop-up nya. Kemunculannya kapan bisa diatur agar lebih bersahabat supaya tidak mengganggu orang yang mau baca artikel Anda. Kalau saya buat hanya muncul ketika pengunjung sudah mau pergi dari halaman blog saya. Jadi pas awal-awal pengunjung mampir, dia tidak langsung disuguhi dengan pop-up. Kita juga bisa atur saat pengunjung memutuskan untuk klik tombol close, maka saat dia buka halaman lain pop-up tidak boleh muncul sampai batas waktu yang ditentukan.

Silahkan cari tahu sendiri dari halaman SumoMe Plugin.

9. Crayon Syntax Highlighter by Aram Kocharyan

Nah, untuk yang terakhir ini salah satu plugin yang wajib di-install hanya untuk blog wordpress yang isinya ada tutorial-tutorial coding seperti ChaidirWeb.Com. Anda mungkin pernah lihat beberapa blog yang menulis kode-kode html dengan format yang bagus seperti tampilan aplikasi-aplikasi code editor. Salah satu plugin yang bisa dipakai adalah Crayon Syntax Highlighter ini.

Lihat keterangan lebih lengkapnya dari halaman plugin Crayon Syntax Highlighter.

****

Oke, saya rasa penjelasan diatas sudah cukup panjang. Saya yang nulis udah ngantuk mau istirahat dulu.

Sebenarnya masih banyak lagi plugin-plugin keren yang bisa Anda pasang untuk menambah fitur-fitur keren di blog WordPress Anda. Mungkin di lain waktu saya akan coba review lagi untuk Anda. Dan yang perlu Anda perhatikan saat memilih plugin, yang mungkin misalkan ada beberapa plugin yang muncul dari hasil pencarian. Anda bisa lihat dari seberapa banyak user yang sudah install plugin tersebut dan seberapa rating yang didapat. Semakin banyak dan semakin tinggi tentu plugin tersebut memang bagus.

Sekian tulisan hari ini, semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang cari rekomendasi plugin wordpress terbaik untuk blog WP Anda.

Saya yakin Anda punya ide atau tanggapan mengenai tulisan ini, atau mungkin Anda punya plugin lain yang belum saya masukkan di-list? Silahkan share pengalaman Anda di kolom komentar. 🙂

Sampai jumpa Besok!!

Sudah Baca Pembahasan Yang Ini Belum?
Cara Menghitung Jumlah Kata di Artikel Blog Wordpress
Cara Menghitung Jumlah Kata di Artikel Blog WordPress (Word Count)
Cara Membuat Template Custom Page Wordpress Keren
Cara Membuat Template Custom Page pada WordPress Blog

Ikutan Diskusi Disini GRATIS! Punya Tanggapan?

Komentar Anda* :

Nama Anda* :
Website Anda :