Template, Wordpress

Cara Menghitung Jumlah Kata di Artikel Blog WordPress (Word Count)

Cara Menghitung Jumlah Kata di Artikel Blog Wordpress

Bagi sebagian besar blogger menghitung jumlah kata di artikel blog kadang-kadang bisa bermanfaat juga. Untuk apa? Paling tidak kita bisa tahu sudah seberapa panjang tulisan yang kita buat. Jadi Anda bisa kira-kira apakah artikel yang saya tulis terlalu kepanjangan atau masih terlalu singkat. Ada beberapa orang yang suka tulisan panjang ada juga yang khawatir pengunjungnya malas baca jadinya lebih memilih nulis artikel yang pendek. Mana yang baik?

Kalau ditinjau dari segi kualitas konten yang SEO Friendly, tentu hal ini jugabisa menjadi suatu tolak ukur bagi mesin pencari. Biasanya artikel dengan konten yang memiliki jumlah kata lebih banyak dianggap lebih baik. Katanya sih minimal itu paling tidak 500 kata per artikel sudah lumayan. Kalau sanggup Anda bisa coba nulis sampai 1000 kata per artikel, ini jauh lebih bagus.

Saya pribadi sih jarang yaa menulis blog dengan mentargetkan seberapa panjang artikel atau jumlah kata di artikel blog ChaidirWeb.Com. Rasanya tentu lebih nyaman kalau kita menulis itu tanpa harus begini begitu, bebas mengalir saja. Walaupun memang pastinya ada kiat-kiat tertentu dari masing-masing blogger agar tulisan yang dibuat jadinya tidak asal-asalan.

Oke, itu tadi sekilas cakap-cakap intermezzo yang gak tahu penting atau gak bagi Anda. Hahaha.. 😀

Baiklah kita langsung masuk ke inti dari tutorial hari ini. Yaitu tentang bagaimana cara menampilkan jumlah kata dari artikel postingan blog WordPress Anda. Perlu di garis bawahi trik ini hanya berlaku untuk pengguna WordPress (Self Hosted).

Menghitung Jumlah Kata dari Artikel Blog WordPress

Hal yang akan kita lakukan disini adalah sedikit bermain-main dengan file PHP dari tema blog WordPress. Jadi, saya harap Anda sudah sedikit mengerti dasar-dasar mengedit tema yang Anda gunakan. Dari mana Anda bisa temukan file dari tema blog Anda?

Opsi pertama bisa dari Dashboard WP AdminTampilan > Penyunting (Editor). Disitu Anda bisa pilih file yang akan diedit. Opsi kedua bisa melalui halaman File Manager yang dapat diakses dari akun cPanel Hosting Anda. Temukan directory folder tema blog Anda, biasanya ada di public_html/wp-content/themes/nama-tema/.

Oke, kita mulai langkah pertama.

1. Menambahkan Fungsi Word Count pada Tema WordPress

Secara sederhana kita akan gunakan file function.php dan melakukan sedikit penambahan baris fungsi. Silahkan copy kode PHP di bawah ini :

Jadi, intinya fungsi ini akan membuat perintah untuk mengambil data post_content dengan menggunakan tag fungsi get_post_field dan data tersebut akan diterjemahkan sebagai variabel $content. Kemudian variabel $word_count berisikan perintah untuk menghitung jumlah kata dalam artikel atau dari data $content dengan menggunakan fungsi str_word_count dan strip_tags. Fungsi ini akan menghapus tag HTML yang terkandung dalam konten sehingga yang dihitung hanyalah jumlah kata yang kita tulis saja.

Jika Anda sudah paste-kan kode diatas ke dalam file function.php tema Anda, silahkan Simpan.

Kita lanjut ke langkah terakhir.

2. Menambahkan Fungsi Jumlah Kata pada Artikel Postingan WordPress

Setelah Anda punya fungsi word_count pada tema blog wordpress Anda, sekarang kita tinggal perlu meletakkan kode PHP untuk memanggil fungsi tersebut pada tampilan postingan blog wordpress Anda. Caranya silahkan buka file single.php dari tema Anda, semisal Anda mau munculkan jumlah kata di halaman setiap postingan. Kalau mau munculkan di halaman beranda maka Anda buka file index.php atau beberapa tema menggunakan file lain seperti content.php. Jadi, Anda harus tahu dulu file mana yang mau Anda edit. 😀

Tambahkan kode singkat ini dimanapun yang Anda mau untuk menampilkan jumlah kata.

Jika sudah silahkan Simpan.

3. Study Case - Menambah Fitur Word Count pada Tema Twenty Eleven

Agar Anda lebih paham saya akan praktekkan sendiri dengan contoh pada blog saya yang lain. Disini saya menggunakan tema Twenty Eleven dari WordPress. Saya yakin tema ini Anda juga punya kalau tidak silahkan install terlebih dahulu.

Saya akan contohkan mengedit tema wordpress dari menu Appereance > Editor. Lakukan langkah pertama, cukup tambahkan fungsi di baris paling akhir dan Anda akan dapatkan gambaran seperti ini :

Menghitung Jumlah Kata - Edit Function Tema Twenty Eleven

Klik Update File untuk menyimpan perubahan.

Lalu, saya akan tentukan dulu dimana saya mau munculkan keterangan jumlah kata di artikel blog saya. Contoh saya mau tampilkan hanya di halaman beranda / homepage. Pertama saya akan buka file index.php, dan ternyata disana ada kode html yang seperti ini :

Itu berarti tema Twenty Eleven menggunakan template lagi yang bernama content.php untuk menampilkan daftar artikel blog kita di halaman homepage. Maka, saya akan buka file tersebut masih dari menu editor. Disini saya mau munculkan keterangan jumlah kata di bagian setelah tulisan Posted on 17 March 2015. Lalu saya akan cari kode PHP yang kira-kira menampilkan bagian itu.

Dan akhirnya saya temukan pada baris ke-24, lalu saya sisipkan lah kode dari langkah kedua seperti ini :

Oke, untuk menyimpan saya klik Update File. Selesai.

Hasilnya saya sudah berhasil mengedit template Twenty Eleven dengan menambahkan fitur menghitung jumlah kata pada setiap artikel di blog WordPress.

 Menghitung Jumlah Kata - Contoh Tema Twenty Eleven.

Sampai disini saya rasa harusnya Anda juga sudah bisa mempraktekkan hal yang sama seperti contoh studi kasus yang saya berikan diatas. Selamat mencoba yaa!

Penutup

Sebenarnya mengetahui jumlah kata saat menulis artikel blog itu sangat mudah jika Anda adalah pengguna blog WordPress. Karna pada bagian bawah formulir WP-Editor Anda bisa temukan fitur word count ini. Hanya saja dari sisi pengunjung, banyak kata yang Anda tulis tidak akan ada yang tahu. Semisal Anda dapat job review dan Anda diminta menulis konten dengan panjang 500 kata, maka dengan cara ini mitra Anda pun bisa melihatnya secara langsung dari tampilan blog Anda.

Juga metode sederhana ini saya lebih suka terapkan dibanding ketika harus menggunakan plugin wordpress. Jika Anda gak mau repot otak-atik template blog Anda. Saya saran coba gunakan plugin saja. Itu lebih gampang dan praktis. Hanya saya pribadi slalu usahakan untuk meminimalisir penggunaan plugin. 🙂

****

Akhirnya semoga tutorial singkat ini bisa bermanfaat buat Anda. Dan saya akan sangat senang jika setelah Anda berhasil mempraktekkan tutorial ini lalu Anda mau menuliskan komentar untuk bahan diskusi dengan pengunjung lain. Atau meskipun Anda baru cuman baca, setidaknya saya yakin Anda pasti punya ide atau tanggapan terkait pembahasan kita hari ini. Jadi silahkan tulis komentar Anda. 🙂

Sampai jumpa besok!

Sumber Gambar: MakeUseOf
Sudah Baca Pembahasan Yang Ini Belum?
Wordpress Plugin Terbaik Wajib Install
9 Plugin WordPress Wajib yang Harus Anda Install
Cara Membuat Template Custom Page Wordpress Keren
Cara Membuat Template Custom Page pada WordPress Blog

Ikutan Diskusi Disini GRATIS! Punya Tanggapan?

Komentar Anda* :

Nama Anda* :
Website Anda :

Sudah Ada 4 Komentar Menanggapi Tulisan Ini
  • Rosanna Simanjuntak
    5 November 2016 at 20:25

    Sayang, saya pakai blogger. Dan hitung jumlah word pakai MS word.

    • Chaidir
      6 November 2016 at 22:19

      Iyaa, kalau masih pakai blogger memang begitu Mbak Rosanna. 🙂

  • angkisland
    29 Desember 2016 at 05:47

    wordpreesss emang mantap yah mas… wah bikin ngeces dah boyongan hehe sukses terus mas

  • lokideautorin
    1 Maret 2017 at 09:25

    kalau untuk blogger bagaimana mana mas? ada tutorialnya??