Desain, Photoshop

Gambar Vektor Pakai Adobe Photoshop, Apa Bagus?

gambar-vektor-pakai-adobe-photoshop-kualitas-bagus

Anda tahu gambar vektor kan? Disini saya gak akan bahas perbedaan antara vektor dan bitmap. Yang jelas harusnya sih aplikasi Adobe Photoshop itu dipakai utnuk keperluan editing photo. Dan tentu hasil gambarnya nanti berupa bitmap berbasis piksel. Pada umumnya aplikasi untuk buat gambar vektor yang lebih tepat adalah CorelDraw. Yang satu ini sudah jelas fungsinya memang untuk keperluan desain grafis berbasis vektor.

Nah, lalu masalahnya bagaimana jika Anda lebih terbiasa dengan tools yang ada di Adobe Photoshop dibanding dengan CorelDraw?

Adobe Photoshop, Bisa Gambar Vektor dengan Pen Tool

Solusi yang paling tepat sebenarnya akan lebih bagus jika Anda download Adobe Illustrator. Ini saudara kandungnya si photoshop sendiri. Hanya saja itu kan kalau Anda sudah punya aplikasinya. Lah kalau di laptop pun yang punya tetep aja masih si photoshop, yaudah mau gimana lagi. Pakai saja itu!

Sejujurnya contoh kasus diatas adalah apa yang saya alami pribadi beberapa waktu lalu. Hehehe.. 😀 Saya itu memang lebih familiar menggunakan Adobe Photoshop. Tapi iya bergantung dengan kebutuhan juga. Semisal desain yang dibuat memang perlu banget diolah dari CorelDraw, iyaa sudah pakai corel.

Simpan Gambar Vektor dalam Format .EPS untuk Import ke Corel

save-gambar-vector-dari-photoshop-ke-format-eps

Bagaimana dengan masalah hasil gambar? Selagi Anda tidak melakukan rasterize layer atau gambarnya masih dalam bentuk shape, kualitas gambar masih bisa dikatakan vector base. Saat mau disimpan baiknya sesuaikan dengan ukuran yang dibutuhkan agar kualitas gambar tidak pecah.

Atau pilihan lain Anda bisa save as gambar dari photoshop tersebut ke dalam format .EPS lalu nantinya file tersebut masih bisa dibuka dari CorelDraw dan import sebagai curves.

Apakai ini vektor? Bisa dibilang iyaa. Kalau dilihat dari kualitasnya sih gak rusak, karna dia itu masih dalam bentuk objek kurva berbasis nodes. Sehingga Anda juga bisa editing bentuk gambarnya dengan Shape Tool.

import-eps-file-dari-photoshop-ke-corel-curve-objectKalau untuk keperluan produksi seperti misal Anda mau bikin baju atau jaket, bisa jadi pihak konveksi meminta gambar atau desain logo Anda dalam bentuk format CorelDraw. Jadi, ini juga bisa menjadi solusi semisal Anda sama sekali tidak ngerti pakai CorelDraw. Buat dulu di photoshop lalu import dan tinggal save ke .CDR udah beres. 🙂

Membuat gambar vektor di photoshop paling Anda hanya bisa pakai Pen Tool. Kalau di corel Anda bisa gunakan berbagai macam pilihan tool yang tentunya Anda harus jinakkan dulu setiap masing-masing tool tersebut. Ibaratkan Anda punya banyak senjata tapi sama sekali gak tahu pakai kan sama aja bohong itu namanya. Lebih bagus Anda cuman pegang satu senjata tapi tahu betul teknik-teknik menembaknya. Betul tidak? 😀

Hasilnya? Ini Dia Contoh Desain Kaos Distro Oblong Keren

Berikut ini salah satu contoh desain gambar yang kemarin saya buat untuk ide buat baju kaos oblong. Dan ini saya buat dari Adobe Photoshop. Untuk gambar bajunya saya gunakan mockup dari internet banyak tinggal download aja.

Contoh Desain Kaos Hasil Gambar Vektor Chaidir

Sekian sharing kita hari ini, semoga bermanfaat yaa! Kalau kalian punya pendapat lain silahkan tinggalkan pesan lewat kolom komentar di bawah ini. Berikutnya saya akan coba buat beberapa tulisan lain seputar kategori Desain, sekiranya Anda suka saya sarankan Anda segera subscribe blog ini lewat email. 🙂

Sampai jumpa Besok!!

Ikutan Diskusi Disini GRATIS! Punya Tanggapan?

Komentar Anda* :

Nama Anda* :
Website Anda :