Template, Wordpress

Cara Membuat Template Custom Page pada WordPress Blog

Cara Membuat Template Custom Page Wordpress Keren

Jika Anda pengguna blog wordpress (self hosted), Anda bisa mengubah tampilan halaman page dengan cara membuat template custom page sendiri. Sebenarnya di beberapa theme yang keren-keren, sudah memiliki fitur ini. Jadi kita tinggal pilih saja mau pakai template apa saat menambahkan page baru, opsinya bisa Anda temukan di Attribut Halaman. Nah, bagaimana kalau theme kesayangan Anda tidak memiliki fitur custom page template?

Anda pasti pernah lihat beberapa website bisa memiliki tampilan halaman yang berbeda-beda padahal theme yang digunakan cuman satu. Dan Anda mau buat seperti itu tapi belum bisa? Atau lagi misal Anda mau kustom beberapa halaman khusus seperti misal yang umumnya ada di setiap blog yaitu halaman Tentang Saya, Daftar Isi ataupun Arsip, Kontak, Kebijakan Privasi dan lain-lain. Seperti misal contohnya halaman di ChaidirWeb.Com yang pakai template page custom adalah Sitemap ini.

Jadi pada dasarnya secara default pada blog WordPress Anda bisa membuat artikel post dan halaman page. Tampilan dari keduanya itu masing-masing diatur oleh sebuah file template yang ada di tema wordpress Anda. Untuk setiap artikel post menggunakan single.php dan untuk semua halaman menggunakan file page.php.

Meskipun Anda punya banyak laman atau page dengan maksud yang berbeda-beda sekalipun tetap saja Anda tidak akan bisa membedakan layout atau tampilannya. Selama template yang digunakan masih menggunakan satu file standard page.php tersebut.

FYI, sebenarnya ada urutan yang lebih tepat tentang hirarki pembacaan template oleh mesin wordpress pada suatu theme yang kita gunakan. Tapi ini nanti saja kapan-kapan kita bahas.

Okelah, terlepas dari apapun keinginan yang mau dan bisa Anda wujudkan dengan custom page template di WordPress, kita akan bahas cara mengaktifkan fiturnya di theme Anda. 🙂

Untuk mengikuti tutorial kali ini, akan lebih bagus jika Anda sudah mengerti dasar-dasar dari HTML, CSS dan PHP!

Membuat Template Custom Page di WordPress

Pertama, Anda bisa gunakan aplikasi code editor seperti Notepad++ untuk membuat sebuah file baru. Atau bisa juga dengan cara langsung login ke cPanel hosting lalu pilih menu File Manager. Buka directory tema wordpress blog Anda, semisal public_html/wp-content/themes/twentyeleven/ dan coba cari pilihan tambahkan file baru (jika ada).

Oke, pada file kosong yang baru Anda buat ketikkan kode seperti berikut :

Anda bisa ganti nama template-nya sesuai dengan keinginan Anda. Dan nanti kalau Anda mau buat banyak custom template Anda harus gunakan nama yang berbeda-beda. Untuk deskripsi sifatnya opsional saja.

Selanjutnya Anda bisa coba simpan file tersebut dengan ekstensi .PHP dan silahkan berikan nama bebas. Misal contoh saya buat template-custom.php begini saja juga boleh.

Sekarang Anda bisa upload file tersebut ke folder tema wordpress Anda seperti yang tadi diatas saya sebutkan. Kalau misal Anda buat file-nya langsung dari cPanel, berarti iya dia otomatis sudah tersimpan di folder yang dimaksud.

 Attribut Halaman Template WordPress

Untuk melihat hasilnya, Anda bisa login ke Dashboard Admin blog Anda. Coba buat laman / page baru seperti biasanya, dan lihat di sebelah kanan bagian Atribut Halaman. Seharusnya pilihan untuk ubah template sudah ada. Ada kan?

Nah, sayangnya jika Anda gunakan template tersebut dan buka halaman yang baru Anda buat maka hasilnya adalah halaman kosong. Meskipun tadi saat di dashboard Anda ada ketik kata-kata di bagian konten halaman. Kenapa kok kosong? Karna kita memang belum selesai. 😀

Cara Mengubah Tampilan Template Custom Page

Pada template custom page ini Anda bebas mau buat apa saja, sama seperti file lain yang ada di tema wordpress Anda. Disitu bisa digunakan kode-kode PHP, HTML atau template tag dari Wordpress. Namun, agar tutorial ini bisa lebih mudah untuk Anda mengerti, kita akan gunakan duplikat kode-kode dari file page.php bawaan tema blog Anda. Nanti tinggal diubah saja beberapa bagian yang diperlukan.

Masih sama seperti tadi, dari halaman file manager cPanel hosting atau dari FTP juga bisa Anda akses folder tema yang Anda gunakan. Lalu download dan buka file page.php kemudian kita bisa copy mulai dari bagian setelah header. Sebagai contoh saya gunakan tema Twenty Eleven dari WordPress.Org, perhatikan gambar dibawah ini.

Main Template Page File WordPress.PNG

Kita hanya perlu copy bagian body dari file page.php karna di template custom tadi kita sudah punya header sendiri. Lalu, buka lagi file template-custom.php yang tadi sudah dibuat. Sebelum di paste, Anda hapus dulu tag ini ?> karna kita belum punya tag <?php get_header(); ?>. Jika sudah silahkan Anda paste.

Sebagai contoh kira-kira jadinya seperti ini :

Sekarang Anda bisa coba simpan, lalu upload kembali ke folder tema wordpress Anda. Lihat kembali halaman yang tadi sudah Anda buat. Seharusnya sudah ada perubahan dari yang tadinya kosong saat ini sudah mulai kelihatan ada konten yang muncul.

Sampai disini Anda sudah berhasil membuat template custom page di blog WordPress Anda. Selamat!! 😀

Ayo Coba Praktek Membuat Template Custom Sendiri

Selanjutnya tugas Anda adalah mencoba-coba praktek sendiri untuk mengubah tampilan bawaan dari tema Anda itu menjadi template custom yang Anda inginkan diawal. Anda bisa tambahkan atau kurangi beberapa baris kode, lalu lihat bagaimana perubahan pada halaman blog Anda. Dan Anda juga bisa bandingkan dengan halaman lain di blog Anda yang tidak pakai atribut template custom ini. Harusnya sudah ada perbedaan.

Oke, setelah Anda sudah punya template custom sendiri di postingan berikutnya saya akan coba share gimana cara yang saya gunakan untuk buat halaman Arsip atau saya lebih suka sebutnya halaman Sitemap blog.

Mudah-mudahan tutorial hari ini bisa membantu Anda, sekiranya ada masalah saat praktekkan penjelasan saya diatas silahkan tinggalkan komentar di bawah agar kita bisa saling diskusi. Atau mungkin Anda punya masukan lain? 🙂

Sampai jumpa besok!

Sudah Baca Pembahasan Yang Ini Belum?
Wordpress Plugin Terbaik Wajib Install
9 Plugin WordPress Wajib yang Harus Anda Install
Cara Menghitung Jumlah Kata di Artikel Blog Wordpress
Cara Menghitung Jumlah Kata di Artikel Blog WordPress (Word Count)

Ikutan Diskusi Disini GRATIS! Punya Tanggapan?

Komentar Anda* :

Nama Anda* :
Website Anda :