5 Harapan Mitos, Kenapa Ingin Jadi Pengusaha?

Jadi seorang Pengusaha (Entrepreneur). Apa yang ada dipikiran Anda saat mendengar kalimat pertama tersebut? Banyak dari Anda pasti langsung berimajinasi, seseorang dengan jas yang keren turun dari mobil mewah dan punya banyak uang. Iyaa! Jadi seorang entrepreneur kelihatannya memang keren. Dan Anda pasti punya banyak harapan saat memutuskan ingin menjadi seorang pengusaha.

Pengusaha banyak menghabiskan waktu untuk membangun usaha yang mereka ingin kembangkan. Kebanyakan dari mereka malah gak sempat memikirkan gimana cara sebaiknya untuk pertama kali memulai sebuah bisnis.

Seringnya pengusaha secara naif memulai suatu bisnis dengan harapan yang tinggi. Yang pada kenyataannya bisa saja gak sesuai dengan fakta sebenarnya yang terjadi.

Harapan MitosĀ Ingin Jadi Pengusaha Sukses

Dan berikut ini adalah 5 mitos yang umumnya banyak dipercaya oleh seorang CALON pengusaha ketika hendak mulai menjalankan bisnisnya.

[ads1]

Harapan Mitos #1 :

Enaknya Jadi Pengusaha Bisa Menjadi Seorang Bos

Alasan banyak orang yang mau memulai jadi pengusaha adalah karna mereka pikir kalau mereka akan jadi seorang bos yang hebat. Jadi bos enak kan? Iyaa memang. Namun umumnya, ketika Anda nantinya akan bekerja sama dengan investor dalam bisnis, bisa saja anda tidak memiliki kontrol penuh terhadap bisnis perusahaan Anda. Atau secara gak langsung, justru yang jadi bos iyaa para investor Anda. :D

Oke, misal Anda gak pakek investor. Namun tetap saja harusnya pelanggan kita lah yang jadi bos sebenarnya. Ingat, pelanggan adalah raja kan? Untuk apa kita mulai bisnis kalau gak ada yang mau beli dan tidak ada yang mau pakai jasa kita? Untung dari mana kalau mau enak-enak jadi bos aja?

Pikirkan, bukan berarti saat jadi pengusaha Anda punya banyak kebebasan. Justru yang benar adalah Anda mendapat lebih banyak tanggung jawab ketika punya sebuah bisnis ketimbang saat Anda jadi karyawan biasa. Masuk akal?

jadi pengusaha sukses larry kim ceo wordstream

Harapan Mitos #2 :

Jadi Pengusaha bisa Dapat Banyak Uang

Gak bisa dipungkiri memang bahwa diantara Anda yang ingin jadi pengusaha pasti (sempat) berharap kalau Anda akan mendapatkan uang yang banyak. Tujuan utama Anda berbisnis dan mau membangun sebuah bisnis adalah untuk jadi KAYA raya. Itu adalah alasan banyak orang yang mau memutuskan untuk jadi pengusaha, iyaa kan?

Namun sebaliknya dengan dipikirkan oleh tokoh pengusaha sukses, seperti Larry Kim (CEO dari WordStream). Ia menyadari kalau ternyata banyak pelajaran dan nilai tambah yang bisa didapat dari aktifitas bisnis. Yang terpenting sebenarnya adalah pengalaman dan jaringan yang bisa Anda peroleh sepanjang merintis dan mengembangkan usaha Anda. Ini justru jauh kaitannya dengan uang semata.

Apa Anda gak pernah terpikir, saat Anda bisa bertemu dengan sesama pengusaha disitu ada banyak sekali peluang-peluang bisnis yang bisa Anda dapatkan. Ada banyak pula ide-ide kreatif + GILA yang bisa bermunculan saat berdiskusi dengan client atau dengan relasi bisnis Anda. Itu semua tidak bisa semata-mata dinilai dengan uang.

Hati-hati! Saat Anda hanya fokus dengan orientasi uang dan mengabaikan segala hal lainnya, maka bukan tidak mungkin malah akan ada banyak kesalahan yang Anda dapatkan. Atau banyak pula pelajaran berharga (priceless) dan lebih invaluable di depan mata, tapi Anda malah tak menghiraukannya.

[ads1]

Harapan Mitos #3 :

Jadi Pengusaha dengan Keahlian Yang Disukai Semata

Memang baik jika Anda memulai bisnis dari hal-hal yang Anda sukai yang jadi passion atau minat Anda. Cuman sejalan dengan berkembangnya bisnis Anda nanti, sedikit demi sedikit Anda juga pasti akan keluar dari bidang yang Anda kerjakan tersebut. Karna dalam bisnis, akan lebih baik jika Anda bisa menemukan orang yang lebih ahli dan pandai dalam bidang bisnis Anda. Yang mungkin selama ini Anda bisa selesaikan sendirian.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.